LEUNG BATA


by Adi Fa (Adi Fa)


Padahari itu tanggal 1 desember 1874 api perperangan sedang berkobar di leung bata. Leung bata jatuh ke tangan kaphe Belanda. Tetapi sang imam leung bata masih hidup dan tdk takluk kepada Kaphe Belanda. Dengan jatuh nya leung bata orang aceh memmang mendapat pukulan telak. Rakyata leung bata tdk sekalupun hendak kembali ke lampung nya yg telah di hancurkan oleh belanda. Mareka mengikuti sang imam. Mreka sama sama mencari perlindungan dan tempat kediaman yg lain. Disana mareka kembali mengasah klewang yg nanti pasti alan di gunakan lagi. Runtuhan kampun leung bata telah bercerita bahwa jenazah sultan aceh hanya dapat dimakam disana untuk sehari saja. 

Sang imam dalam pidato pidato nya sering memberi nasehat yg berbunyi; 

Klo kampung halaman mu dapat dirampas dan diduduki kaphe. Jangan lah kamu berdiam diri. Kamu harus bersikap tegak dan melangkah pd saat itu juga. 

Nasehat ini lah yg dipegang teguh oleh penduduk leung bata. Mareak serentak meninggal kan kampung bergabung dengan laskar lain nya di bawah komando panglima Dalam raja cempala istana Teuku imam leung bata. Sebelum perang pecah imam leung bata sanggat kaya. Emas nya berbungkal bungkal dan di sumbangkan untuk jihadfisabillah menghadapi belanda budok yg ketika itu bendera perang diserahkan kpd teuku husin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERANG PANJANG YG MELELAHKAN

SUSUNAN PEMERINTAHAN ISKANDAR MUDA